The 7 summits, the highest peaks of the 7 continents

iklan dibawah judul posting
Bagi teman teman yang pecinta alam, mungkin sudah gak asing lagi dengan Istilah Seven summits, sebenarnya apa itu seven summits? menurut wikipedia, The Seven Summits are the highest mountains of each of the seven continents. Summiting all of them is regarded as a mountaineering challenge, first postulated as such in the 1980s by Richard Bass (Bass et al. 1986).



Jadi maksudnya adalah seven summits adalah puncak puncak tertinggi yang ada di tujuh benua
. Bagi beberapa pendaki pecinta alam, mendaki salah satu atau semua dari tujuh gunung tertinggi tersebut merupakan sebuah kebanggaan tersendiri yang tidak bisa di nilai dengan apapun, bahkan ada yang sampai datang berkali kali atau terus mencoba apabila sebelumnya gagal. Oke kita langsung saja deh. berikut adalah daftar ketujuh puncak tinggi tersebut:


Peta sebaran Seven Summit di berbagai benua



1. M.Kilimanjaro, Tinggi 5895 m/dpl ( Benua Afrika)


Puncak tertinggi di dataran Benua Afrika dan salah satu tempat yang paling indah di dunia; dekat dengan perbatasan Kenya, Kilimanjaro (bahasa Swahili: kilima, gunung; njaro, bercahaya) atau dulu disebut Kaiser-Wilhelm-Spitze adalah gunung di timur laut Tanzania. Gunung ini adalah gunung tertinggi di dunia yang berdiri bebas, tingginya 4.600 m bila diukur dari kaki gunung, dan 5895 m dari permukaan air laut (dpl).Termasuk golongan jenis gunung api strato dan sudah tidak aktif lagi saat ini. Gunung Kilimanjaro sekarang mulai kehilangan salju yang menyelimuti puncaknya. Gletser yang menyelimuti puncak gunung ini sejak 11.700 tahun yang lalu semakin menipis. Rute-rute pendakian resmi: Machame, Marangu, Rongai, Lemosho, Umbwe, Shira, Mweka (hanya untuk turun).


2. Denali (
Gunung McKinley), Summit of North America, 6194m dpl (Benua Amerika Utara)

Inilah dia, puncak yang konon terdingin di dunia, Denali merupakan gabungan dari keindahan dan sesuatu yang sangat berbahaya! berada pada jantung Alaska dan berdiri setinggi 20.000 Feet (6194 m dpl). Suhu pada malam hari nya mencapai -40 derajat Celcius. Gunung ini pertama kali di daki oleh pada tahun 1913 oleh Hudson Stuck, Harry Karsten, W.Haper, dan R.Tatum, Kota terdekat untuk mencapai gunung ini adalah kota Talkeetna di Alaska dan airport yang terdekat adalah Anchorage. Gunung ini memiliki 5 gletser raksasa. gunung ini tidak memerlukan teknik pendakian khusus seperti beberapa gunung lain nya, namun satu yang membuat gunung ini begitu di takuti adalah suhu nya yang Ekstrim super dingin ! bahkan beberapa waktu lalu team Ekspedisi Indonesia ada yang meninggal disana


3. Mt. Elbrus, Summit of Europe, 5642m dpl (Benua Eropa)



Merupakan puncak tertinggi di Eropa, letakkan di wilayah Russia beberapa mil dari Georgia, dan merupakan puncak benua yang paling gampang di daki oleh para pendaki. Bahaya terbesar adalah cuaca yang dapat sangat jahat di gunung ini. Elbrus adalah salah satu gunung paling mematikan di dunia. Empat puluh delapan pendaki (beberapa di antaranya pemain ski atau snowboarders) meninggal di kawasan Gunung Elbrus pada tahun 2004. Elbrus merupakan gunung berapi yang telah lama sekali punah, karena letusan terakhir itu terjadi sekitar 50 AD, dan kawah yang ada (300-400 meter diameternya) sekarang dipenuhi dengan es dan salju. Gunung itu masih tetap landai, bentuk kerucut. Gunung memiliki dua puncak utama; puncak Barat di 5.642,7 meter (18.513 kaki) dan ketinggian puncak Timur pada 5.621 meter (18.442 kaki) ketinggian. Pelana antara dua puncak berada pada 5.416 meter (17.769 kaki).


4. Mt. Everest, Summit of Asia and the world, 8850m (Benua Asia)


Siapa yang tak mengenal Mount Everest, Puncak ini sering dijadikan tempat tantangan untuk di daki oleh para pendaki pro. Gunung Everest (bahasa Inggris: Mount Everest) adalah gunung tertinggi di dunia (jika diukur dari paras laut). Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet; puncaknya berada di Tibet. Di Nepal, gunung ini disebut Sagarmatha (सगरमाथा, bahasa Sansekerta untuk 'Dahi Langit') dan dalam bahasa Tibet Chomolangma atau Qomolangma ('Bunda Semesta'), dilafalkan dalam bahasa Tionghoa 珠穆朗瑪峰 (pinyin: Zhūmùlǎngmǎ Fēng). Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris, penerus Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari Tujuh Puncak Utama di dunia. Gunung Everest adalah gunung yang puncaknya mencapai jarak paling jauh dari paras laut.


5. Mt. Aconcagua, 6962 m. Summit of South America, 6962m ( Amerika Selatan)




Gunung ini terletak antara perbatasan Argentina dan Chille, dan masuk dalam kelompok Amerika selatan (latin) dan berada pada pegunungan Andes. Musim terbaik untuk mendaki gunung ini adalah di akhir Desember, januari, februari serta maret. Aconcagua dikenal sebagai pegunungan karang yang sangat besar dan terlihat sangat jelas dari lautan Pasifik sampai 100 Mil laut. Gunung memiliki dua puncak - Utara (6.959 meter) dan Selatan (6.930 meter), bergabung dengan punggung bukit (Cresta del Guanako) sekitar satu kilometer panjangnya. Gunung ini juga telah banyak meminta korban tewas dari kalangan pendaki, rata rata tiap tahun nya selalu ada yang tewas dalam misi pendakiannya. Pendaki pertama berhasil mencapai puncak adalah Mathias Zurbriggen dari Swiss, Ia mencapai titik tertinggi di Aconcagua pada 14 Januari 1897.


6. Carstensz Pyramid,Summit of Oceania, 4884m ( Indonesia, Asia)



Menurut beberapa orang asing yang pernah mendaki nya. menaiki Cartenz adalah sebuah misteri tersendiri di rimbun nya hutan alam papua tersebut, serta ekspedisi mereka di tonton oleh orang orang dari suku pedalaman yang masih berkoteka. dan Cartenz ini merupakan satu satunya daerah yang bersalju di Indonesia.Gunung ini dulu pernah bernama Poentjak Soekarno dan merupakan gunung tertinggi kedua di Asia Tenggara. Puncak Jaya adalah salah satu dari Tujuh Puncak Utama dunia. Ekspedisi Piramida Carstenz dimulai dari Zebra Wall (3.500m), nama Zebra ini datang dari motif yang unik seperti kulit Zebra pada dinding batu. Motif ini tentu saja diciptakan ribuan tahun yang lalu.




7. Mt.Vinson Summit of Antarctica, 4897m ( Benua Antartika)

Berada di sebuah tempat terdingin di bumi ini kutub selatan, Mt. Vinson merupakan salah satu dari 7 titik tertinggi yang berada di bagian bawah bumi (kutub selatan), terletak sekitar 1.200 km (750 mil) dari Kutub Selatan. Pertama dilihat pada pengintai penerbangan pesawat Angkatan Laut AS dari Stasiun Byrd pada Januari 1958. Di beri nama oleh sesuai nama Carl Vinson (juga yang nama sebuah kapal induk milik Amerika) oleh Komite Penasehat Antartika (US-ACAN), Carl Vinson sendiri merupakan ketua dewan urusan pertahanan angkatan laut dan memiliki peranan besar dalam penelitian dan Eksplorasi di Antartika pada periode 1935 sampai 1961.


Nah sekarang sudah tahu kan apa itu Seven Summits? berminat kesana? bagi teman teman pecinta alam mungkin salah satu obsesi nya bisa mendaki salah satu seven summits atau mungkin semua, namun yang jelas kesana ataupun tidak semoga sedikit informasi ini bisa menambah pengetahuan teman teman sekalian..

No comments:

KOTAK PENCARIAN:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...